‘Dokter Bandel’ Di Balik Tekornya BPJS Kesehatan

Akhir-akhir ini banyak banget hal yang mengganjal di pikiranku, termasuk tentang BPJS Kesehatan. Kenapa? Ada apa dengan BPJS? bermasalah lagi? Hm, kurang tahu juga. Kurasa bukan BPJS Kesehatannya yang bermasalah, tetapi eksternal dari BPJS Kesehatannya yang cukup bermasalah. Kebetulan aku ini hanya kuli yang menjabat posisi interpreter di salah satu perusahaan Korea yang bergerak di bidang … Lanjutkan membaca ‘Dokter Bandel’ Di Balik Tekornya BPJS Kesehatan

Komunitas Menulis Pertamaku!

Kurasa penting untuk bergabung dengan kelompok yang memiliki kegemaran sama dengan diri sendiri. Ketika aku kuliah pun, aku bergabung dengan organisasi persma. Organisasi ini bertugas mengabarkan segala hal seputar kampus yang pantas diangkat sebagai sebuah berita dan diberitakan ke para mahasiswa. Aku ingat sekali, salah satu hasil liputanku yang paling banyak dibicarakan oleh para mahasiswa … Lanjutkan membaca Komunitas Menulis Pertamaku!

Belajar menjadi ‘Sendiri’

Barusan aku baca salah satu artikel menarik yang diunggah di web Magdalene. Isi artikel itu bisa jadi mewakilkan keherananku yang sudah bertumbuh sejak aku kecil. Artikel itu berjudul, Pentingnya Sikap Berani Sendiri. Lalu, pertanyaan yang kembali terlintas di kepalaku adalah; Kenapa banyak orang takut melakukan apa-apa serba sendiri? Dalam hal ini, aku menyebut 'sendiri' yang … Lanjutkan membaca Belajar menjadi ‘Sendiri’

Lagu Pertama Rilis!

Hayyaaa nggak nyangka Rini dan Cho bakalan ketemuan dan mereka menyempurnakan lagu berjudul Kala Bertemu ini. Thank you, daaaaarl!🥺 Kita bertiga sama-sama bukan ahlinya dalam bermusik tapi kami bertiga sama-sama penikmat musik. Sedikit banyak setidaknya kami paham tentang musik, bagian dasarnya aja sih wkwk. Trus suatu siang yang cerah (kalau ga salah), Cho tiba-tiba ngirimin … Lanjutkan membaca Lagu Pertama Rilis!

Merenung Itu Penting

Dulu aku pernah berpikir bahwa merenung itu adalah pekerjaan yang sia-sia. Itu didasari dari pikiran yang ditanamkan oleh orang-orang tua jaman dulu. Namun kini semuanya berbalik. Pada era ini, orang-orang terlalu sibuk dengan segala kepentingannya dan mungkin nyaris nggak ada waktu untuk memikirkan dirinya, baik kesehatan mental dan pikirannya. Waktu luang kita kebanyakan dihabiskan dengan … Lanjutkan membaca Merenung Itu Penting

Belajar Nulis Skenario Film Bareng Kak Rayya Makarim, Penulis 27 Steps of May

Akhir pekan lalu (28 Juli), bisa dibilang jadi akhir pekan yang paling menyenangkan selama aku menetap di Jakarta, tepatnya Jakarta Barat. Aku dapat kesempatan untuk belajar kepenulisan skenario film dengan teman-teman lainnya yang juga berdomisili Jakarta. Kebanyakan dari mereka memang sudah bergelut di bidang perfilman. Berbeda dengan aku, aku tak punya latar belakang ilmu film … Lanjutkan membaca Belajar Nulis Skenario Film Bareng Kak Rayya Makarim, Penulis 27 Steps of May

Dua Hari Jadi Host MBC Gangneung (Day One)

Selamat berakhir pekan! Hehehe Aku mau berbagi sedikit cerita, nih. Masih seputar pengalamanku di Korea, kali ini aku mau menceritakan tentang pengalamanku menjadi host di sebuah chanel televisi lokal Korea, yaitu MBC Gangneung (kurang lebih sama kayak Net TV Yogyakarta). Kalau ditanya, gimana ceritanya kok bisa jadi host di acara itu? Aku juga masih bingung … Lanjutkan membaca Dua Hari Jadi Host MBC Gangneung (Day One)