Kurasa penting untuk bergabung dengan kelompok yang memiliki kegemaran sama dengan diri sendiri. Ketika aku kuliah pun, aku bergabung dengan organisasi persma. Organisasi ini bertugas mengabarkan segala hal seputar kampus yang pantas diangkat sebagai sebuah berita dan diberitakan ke para mahasiswa.

Aku ingat sekali, salah satu hasil liputanku yang paling banyak dibicarakan oleh para mahasiswa (termasuk mahasiswa baru) adalah yang membahas mengenai acara penerimaan mahasiswa baru (PPSMB UGM) yang ketika itu melibatkan kurang lebih 10.000 mahasiswa baru lulusan SMA/SMK.

Meskipun lelah, capek, letih, bahkan sampai haus (karena harus mewawancarai pejabat tinggi kampus dan beberapa mahasiswa), tapi aku menikmatinya dan justru ketagihan!

Ya begitulah, intinya aku menikmatinya sekalipun itu sulit. Pada pos kali ini, sebenarnya bukan itu inti pembicaraan yang mau aku sampaikan.

Pos kali ini aku mau mengatakan terima kasih karena tepat hari ini aku sudah genap enam hari bergabung dengan Komunitas Ikatan Kata. Terima kasih pertama kali kuucapkan kepada Kak Andi, karenanya aku jadi tergiur untuk ikut komunitas ini. Dan juga, Kak Fahmi Ishfah serta kakak-kakak lainnya yang juga telah memberikan sambutan hangat kepadaku. Terima kasih!

Walaupun baru seumur jagung, semoga bisa langgeng sampai seterusnya bahkan semoga bisa sampai bikin projek menulis bareng karena kita semua sama-sama punya kegemaran yang serupa, yaitu menulis!

Walaupun dari yang kulihat, masing-masing dari kita punya minat yang berbeda, tapi justru itu yang membuatnya menarik dan mengagumkan! Karena kakak-kakak Ikatan Kata ini punya beragam kelebihan. Ada yang jago nulis novel (cerita panjang), ada yang jago nulis puisi, ada yang jago nulis cerita pendek, dan masih banyak lagi. Aku perlu berkenalan lebih dengan mereka juga, nih. Hehehe..

Postingan ini juga sebenarnya tugas dari Ikatan Kata yang disebut dengan KETIK#3. Meskipun dikatakan tugas, aku tidak merasa ini sebagai suatu keterpaksaan atau jadi beban. Sama sekali. Kenapa? Karena aku suka menulis.

Kegiatan menulis itu sendiri sebenarnya bukan hanya hasil dari kegiatan membaca yang kita lakukan, tapi juga hasil dari olah pikir, olah rasa, dan sosialisasi kita dengan sekeliling kita (baik manusia, hewan, dan alam). Menurutku, meskipun tidak membaca, kita tetap bisa menuangkan apa yang ada di kepala dan hati kita melalui tulisan walaupun memang hasil tulisannya tidak akan sebagus ketika kita rajin membaca (buku, artikel, jurnal, novel, dsb). Karena jika tidak membaca, kita akan menjadi kekurangan referensi dan kurang pengetahuan. Aku akui ini, karena beberapa waktu ini aku jarang membaca banget.

Jadi, sudah tentu menulis itu akan menjadi jauh lebih baik jika dibarengi juga dengan membaca. Ini juga jadi pengingat untuk aku yang jarang membaca. Maafkan aku, wahai buku-bukuku yang terbengkalai. 😦

Nah, barang kali ada di antara kalian yang memiliki kegemaran yang sama denganku, bisa banget loh ikut gabung dengan aku di Komunitas Ikatan Kata dengan klik link ini. Bergabung bersama aku dan kakak-kakak Ikatan Kata lainnya dan mari berkarya bersama! 😀ikatan-kata-logo-sharp

 

 

9 tanggapan untuk “Komunitas Menulis Pertamaku!

      1. Tapi sudah menunjukkan kelasnya, he he he. Jangan lupa laporan ke Mas Hape, yang sering kirim update di WAG. Biar nanti dikasih masukan sama yang lain.

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s