Hampir nggak mungkin untuk bisa menjadi idealis di tengah keadaan yang seperti ini. Ya, keadaan agak memaksaku untuk tetap pada garis realistis. Namun begitu, kemauan serta egoku cukup tinggi. Aku punya mimpi dan aku ingin menggapainya.

Aku, perempuan, waktuku cenderung tidak banyak untuk bisa mewujudkan mimpiku sendiri. Begitu kata kebanyakan orang. Iya, stereotip yang mengakar di masyarakat Indonesia ini agaknya susah untuk diubah. Budaya Timur yang sudah mendarah daging menjadi salah satu faktornya, kurasa.

Ini jadi penghambat sekaligus pacuan juga buatku pribadi. Sekeras dan seyakin apa diriku terhadap mimpiku sendiri? Pertanyaan ini belum ada jawabannya. Yang pasti, dalam hatiku, ada tekad kuat untuk mewujudkannya. Tentang terwujud atau tidaknya, itu masalah belakangan, hanya Alloh yang menentukan. Sementara aku? Hanya bisa merencanakannya.

Terlepas dari pikiran stereotip kebanyakan orang, aku sendiri juga sibuk menutup telingaku sendiri. Lebih suka menyaring omongan orang. Yang jelas aku hanya mendengar hal-hal yang bagus (kritik serta masukan yang membangun) dan menelan mentah-mentah omongan yang berpotensi membuat aku terjatuh.

Yah, lagian buat apa? Hidup ini sudah penuh dengan drama dan konflik, nggak usah lah ditambahi lagi dengan sibuk memikirkan omongan orang.

Ayolah, kita semua berfokus pada satu hal, yaitu fokus pada perkembangan diri. Kamu, aku, kita semua harus lebih baik dari diri kita yang sebelumnya. Sesungguhnya kamu adalah raja ketika kamu dapat mengalahkan pikiran negatif dirimu sendiri dan keluar sebagai pemenang.

Kamu dan aku, kita pasti bisa mencapai mimpi kita sendiri. Biarpun perempuan, kita bisa berkarya dan mewujudkan cita-cita kita sampai hembusan napas terakhir.

Intinya, pernikahan bukanlah akhir dari masa pencapaian asa bagi kami walaupun kami perempuan.

Selamat Hari Pahlawan. Selamat menjadi pahlawan bagi diri sendiri dan orang lain. Kamu istimewa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s