Memang nggak pernah salah ya, apa yang disuka sama orangtua pasti anak juga bakal suka. Awalnya, dulu waktu aku masih kecil, aku sering dicekokin buanyaakk lagu dan berbagai jenis tangga nada oleh ibuke. Salah satunya yaitu lagu-lagunya Peterpan (sebelum dua personelnya keluar dan berganti nama menjadi NOAH).

Saking seringnya ibuke memutar lagunya Peterpan, jadi terngiang-ngiang di kepalaku dan secara nggak sadar gaya musiknya Peterpan mulai tertanam dalam alam bawah sadarku. Bagai terhipnotis, setiap Peterpan rilis album, lagu-lagu dari band ini pasti aku suka dan aku menikmati banget.

Coba deh kalian re-listening lagi lagu-lagunya Peterpan dulu, baru mulai intro lagu aja kalian pasti sudah langsung tahu kalau itu lagunya Peterpan, kan? Dan uniknya lagi, setiap lagunya punya warna yang beda, nggak sama. Tapi tentunya, gaya mereka dalam menghasilkan karya musik tetap mudah diketahui dalam satu kali dengar.  Ini nih yang aku suka dari Peterpan.

Nah, beberapa waktu lalu, NOAH, masih dengan tiga personel tetap, merilis album baru mereka. Album ini sekaligus menjadi album kedua NOAH (bukan Peterpan loh, ya. Kalau Peterpan mah sudah banyak, huhu). Dalam album ini, ada satu single yang jadi single andalan mereka, berjudul Wanitaku.

wanitaku noah

Pertama kali rilis, saat aku dengar potongan reff-nya, aku kurang minat sih, awalnya. Saat dengar full lagunya pun aku masih merasa kurang minat, tapi secara keseluruhan lagunya lumayan lah, enak, easy listening ala Noah kayak sebelumnya.

Tapi beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 8 Agustus 2019, begitu rilis video musiknya di YouTube Channel resminya Noah, aku langsung jatuh cinta dan berpikir, INI KARYA GILA!

Kenapa kusebut gila? Karena aku langsung paham makna lagu ini dan otomatis merasa terpanggil gitu, loh. Berasa si Mas Ariel tuh lagi nyanyiin lagu ini sambil bicara ke aku gitu. Mana lagi video musik yang berlatar di Tokyo, Jepang itu bagus banget dan langsung ngena di aku. By the way, kalian sudah nonton video klipnya belum?

Jadi video klip ini fokusnya ke satu wanita dan Mas Ariel aja, tapi aku langsung bisa nangkap maknanya. Apa ya kira-kira maknanya? Yuk, kita bahas satu persatu secara singkat makna lirik Wanitaku per baitnya.

Perhatian: Di sini saya akan jelaskan keterkaitan lirik dan video klipnya, jadi kalau boleh saran, lebih baik yang belum nonton segera tonton dulu video klipnya supaya nyambung dengan yang kubahas di sini. Biar lebih gampang, langsung klik di sini aja.

 

Sudah nonton, kan? Oke, kalau gitu langsung kita bedah lagunya.

 

NOAH – Wanitaku

Pertama, kenapa judulnya Wanitaku? Itu karena lagu ini memang berisi tentang isi hati seorang pria kepada wanita idaman yang ia tunggu-tunggu. Hm, ada apa ya dengan si wanitanya?

Kaulakukan yang kauinginkan

Kau tutup matamu dan kau berjalan

Di video klipnya, ketika lirik ini dinyanyikan, ada Mas Ariel yang lagi melihat ponselnya sekilas lalu langsung merebahkan tubuhnya di atas kasur. Kemudian dalam waktu singkat, Mas Ariel langsung muncul di tempat lain. Terlihat di video klipnya, tatapan mata Mas Ariel nampak terkejut ketika dia menyadari bahwa dia sedang di tempat lain. Nah, bersambung ke lirik selanjutnya..

Kuterbangun dari lamunan

Dan ku tenggelam dalam mimpimu

Mas Ariel yang penasaran, dia cuma bisa berjalan menyusuri lorong-lorong gang sempit itu. Dia terlihat seperti berjalan tak tentu arah. Eh, setelah sekian lama dan sekian jauh berjalan menyusuri gang sempit, akhirnya..

 

Tak pernah habis dunia

Sampai ke ujung batasnya

..Mas Ariel bertemu dengan wanita idamannya walaupun hanya lewat pantulan bayangan di cermin pintu sebuah toko kelontong, sepertinya.

 

Dari dua baris pertama lirik itu, dibantu juga dengan video klipnya, aku bisa menangkap satu kondisi bahwa Mas Ariel ini punya kekasih yang sedang bekerja di tempat yang jauh dari dirinya, sebut saja wanita ini adalah wanita karir. Si wanita ini, mungkin saking idealisnya, dia mengejar mimpi dan obsesinya tanpa peduli dengan keadaan sekitar. Padahal si wanita punya pacar, Mas Ariel, yang sedang menunggu kabar si wanita lewat ponsel.

Dua baris lirik selanjutnya, menceritakan  bahwa Mas Ariel, yang sedang berada di belahan dunia yang lain, lagi tidur lalu akhirnya dia mendapat mimpi. Lewat video klipnya, dapat kita ketahui bahwa Mas Ariel bermimpi sedang berada di sebuah tempat yang dia nggak tahu di mana. Namun, di tengah perjalanan dia bertemu dengan perempuan idamannya itu. Di situlah dia baru menyadari bahwa dia sedang berada satu langit (satu negara) dengan pujaan hatinya. Ketika bertemu, Mas Ariel tuh ingin menyampaikan bahwa kesenangan duniawi ini tuh meskipun kamu kejar sampai ke ujung dunia nggak akan pernah ada habisnya. Makna tersebut bisa dengan mudah kita ketahui lewat dua baris lirik ketiganya.

 

Takkan berhenti hingga

Hatimu membeku

Melalui video klipnya, si wanita pun, seperti menyadari kehadiran Mas Ariel meskipun hanya bayangannya saja yang hadir. Bukan hanya itu saja, di tempat kerja si wanita pun, si wanita seperti merasakan lagi kehadiran Mas Ariel. Dia melihat bayangan Mas Ariel di salah satu sudut ruang kerjanya. Sementara lewat lirik itu, sekali lagi Mas Ariel ingin mengatakan bahwa sesungguhnya kesenangan duniawi nggak akan ada habisnya sampai kita mati (organ-organ vital dalam tubuh, seperti hati, berhenti berfungsi dan menjadi dingin yang menjadi pertanda kematian).

 

Kembali, berputar arah

Pulang padaku

Lewat video klipnya, bisa terlihat juga kan bahwa si wanita jadi galau. Dikit-dikit, bayangannya Mas Ariel muncul dan muncul lagi. Sementara Mas Ariel makin kencang menyampaikan isi hatinya ke angin, berharap pesannya disampaikan oleh Sang Pencipta ke wanita pujaannya itu.

 

Kembalilah ada aku

Yang bisa memelukmu

Masih bersambung dari dua baris lirik yang atas, pesan yang Mas Ariel sampaikan ke si wanita kepada Sang Pencipta melalui lagu itu berisi harapan dia kepada si wanita untuk kembali dan pulang pada dirinya. Di lirik Yang bisa memelukmu, aku menginterpretasikan Mas Ariel yang bersedia jadi rumah sekaligus tulang punggung buat si wanita itu nantinya.

 

Nah, masuk ke reff..

Apa yang kau cari wanitaku, apa yang kau cari

Tempatmu disini pujaanku, tempatmu disini

Pada dua baris pertama lirik reff ini, aku menangkap ungkapan hati Mas Ariel, sebagai sang pacar, yang lebih dalam lagi. Jadi emosi atau uneg-uneg Mas Ariel ini paling ngena ya pas masuk reff ini. Mulai dari lirik ini seolah-olah Mas Ariel bilang ke si wanita bahwa segala kebutuhan hidup si wanita sudah ditanggung oleh Mas Ariel. Apa lagi yang mau dicari oleh wanita itu? Kalau memang mereka jadi untuk hidup bersama atau menikah, semua beban si wanita itu pasti akan dibagi dua dengan Mas Ariel, suaminya. Namanya juga hidup bersama. Yang perlu dilakukan oleh si wanita hanya duduk di sisi Mas Ariel saja alias bersedia menikah dengan Mas Ariel.

 

Tak perlukan itu wanitaku, tak perlu begitu

Tetaplah disini bersamaku, tetaplah disini

Lirik ini sudah bisa kalian tebak dong, ya? Iya, jadi Mas Ariel bilang sekali lagi bahwa si wanita nggak perlu lagi susah-susah cari uang, kerja di sana-sini, menguras tenaga dan pikiran dia, terlebih lagi itu hanya membuang-buang waktu. Jadi intinya yaa Mas Ariel meminta kepada si wanita untuk kembali pulang, menjalani kehidupan normal seperti layaknya sepasang kekasih pada umumnya.

 

Nah, cukup sampai situ saja, kalian pasti bisa langsung memahami alur cerita video klip itu hingga detik terakhir. Iya, jadi si wanita terus dihantui oleh bayang-bayang Mas Ariel. Dia mau pergi ke mana pun, mau ngelamar kerja di mana pun, bahkan sampai apapun profesinya, yang ada di pikiran dia hanya Mas Ariel. Sampai ada kan satu scene yang mana si wanitanya meneteskan air mata karena saking gilanya diliputi rasa rindu ingin pulang ke pelukan Mas Ariel setelah menyadari bahwa kebahagiaan dan kesenangan sejati yang selama ini dia cari itu ada di diri kekasihnya, yaitu Mas Ariel.

Kalian bisa lihat juga di scene terakhir, si wanitanya saking gilanya, dia seperti merasakan kehadiran Mas Ariel yang semakin dekat ke sisi dirinya sampai-sampai rasanya bisa menyentuh pipi Mas Ariel. Beberapa waktu kemudian dia harus menerima kenyataan bahwa ternyata sang pacar tidak ada. Ia masih berada jauh di belahan dunia yang lain.

 

Itulah interpretasiku terhadap lagu ini. Setelah aku memaknai lagu ini seperti itu, aku langsung berpikir bahwa lagu ini tuh aku banget. Dalam artian, mungkin suatu hari nanti bakal ada pria yang datang ke aku dan mengatakan padaku untuk berhenti berjuang sendiri, karena akan selalu ada dia yang akan meringankan bebanku sepanjang jalan menuju mimpiku. Itulah kenapa, untuk pertama kalinya dalam sejarah, aku sangat terobsesi untuk membedah lagu ini dari mulai lirik dan video klipnya.

Jujur saja, aku berani sebut lagu ini sebagai karya gila karena lagu ini berbeda banget dari lagu pada umumnya. Ada satu lagu yang isinya tentang seorang pria yang melepas wanita pujaannya untuk mengejar mimpinya, ada lagu yang menceritakan karakter pria egois dan nggak tahu diri (kualitas dirinya ini masih belum seberapa) yang sangat menginginkan si wanita kembali pulang padanya dan berhenti mengejar mimpinya, dan lain sebagainya.

Tapi kalau yang beda. Tentang bedanya di bagian mana itu nggak perlulah ya saya jelaskan lagi? Kalau kalian, ada nggak lagu yang kalian anggap GILA! dan kalian anggap istimewa? Kalau ada, boleh share ke aku, dong. 😀

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s