Ahiiyy, nggak kerasa udah di penghujung tahun 2018 ajaaaa. Tahun ini berkesaaan, nggak kalah dari tahun-tahun sebelumnya. Ada banyak hal-hal berkesan yang kualami, tapi aku telah merangkumnya menjadi lima peristiwa penting di tahun 2018 ini.

Main ke rumah Mbah Marijan
Closing Ceremony PAS 2018
Sesi foto bersama

Pertama, aku ikut kegiatan volunteer Pacific Asia Society 2018 di Universitas Gadjah Mada selama 3 mingguan. Sebenernya aku udah ikut kegiatan ini dari dua tahun sebelumnya. Namun entah mengapa, kali ini lebih berkesan buatku. Mungkin karena posisiku dan orang-orang Korea yang ikut kegiatan ini itu orang-orang yang seru dan gokil buangeett dan itu yang membuat berkesan. Masa selama jalannya kegiatan, karena saking deketnya, aku dan teman Koreaku itu saling ngata-ngatain satu sama lain?! 😦 Awalnya sakit hati, tapi jadi terbiasa gitu. Jadinya sekarang kalau aku di-misuh-misuhin sama orang Korea, aku nggak akan baper lagi huahahaha. Buat yang penasaran, aku udah pernah bahas kegiatan ini di postingan sebelumnya jadi aku nggak bakal ceritain di sini, hehehe.

Pas hari terakhir magang huhuhu

Kedua, aku magang di salah satu TV lokal Yogyakarta. Namanya ADiTV. Huruf ‘i’-nya memang kecil sendiri karena mengandung makna lafadz Alloh dalam bahasa Arab. Selama magang dua bulan di perusahaan itu, aku dapat banyak pengalaman serta pengetahuan baru tentang proses produksi program TV dan sedikit ilmu juga tentang proses pembuatan film dari teman-temanku yang berasal dari jurusan Film & Televisi di Universitas Brawijaya. Mereka adalah Vindri, Septi, Muthi, Gilang, dan Iqbal (bukan Iqbaale loh ya). Mereka sabar banget menjawab semua pertanyaanku dan kekepoanku tentang dunia mereka dan jurusan yang mereka tekuni. Mulai dari sini, kesukaanku terhadap produksi acara TV dan film semakin besar sampai rasanya pengen banget bikin web drama atau program TV sendiri bareng temen-temenku sejurusan.

Drarom Aku, Dia, Kita, Mereka

Drakom WKMM

Ketiga, aku ikut dalam dua proses produksi drama radio online di Radio PPI Dunia!! Drama yang kesatu disiarkan ketika aku masih magang di ADiTV. Judul dramanya Aku, Dia, Kita, Mereka yang ditulis langsung oleh Mbak Ge yang waktu itu baru lulus studi S2 di Italia. Drama ini bergenre roman dan berlatar di Korea Selatan. Kebetulan, di drama ini peranku jadi orang Korea Selatan, ceritanya. Tapi dialognya berbahasa Indonesia. Ya soalnya pendengarnya sebagian besar masih orang-orang Indonesia. Nah, drama yang kedua disiarkan setelah aku selesai magang, tepatnya bulan Agustus 2018 pas lagi HUT RI ke-73 dan lagi rame-ramenya Asian Games di Gelora Bung Karno. Oleh karena itu, dalam salah satu episode drama yang berjudul Warung Kopi Mpok Midun ini juga ada yang berkaitan tentang HUT RI dan Asian Games 2018 yang berlokasi di Jakarta. Drama ini berjumlah 10 episode dan bergenre roman-komedi yang dibintangi oleh tujuh sobat siar dan sobat kru, diantaranya ada Kak Dias, Mas Mike, Mbak Ge, Aruni, Mas Arif, dan Mas Suryadi (sebenarnya kemunculan drama ini berawal dari grup curcol aja, tapi nggak termasuk aku ya, aku masuknya telat wkwkwk). Untuk pertama kalinya, dalam projek drama Radio PPI Dunia, aku dan teman-teman kru drama sepakat untuk bikin OST beserta dua teaser-nya juga(teaser kesatu untuk tokoh utama dan teaser kedua untuk tokoh pendukung). Aku yang baru jatuh cinta  dengan dunia ini, tentunya jadi semangat banget dan antusias begitu diamanahkan oleh Mbak Ge (selaku penulis dan sutradara di drama roman yang sebelumya) sebagai penulis dan sutradara untuk drama komedi ini. Mbak Ge membebaskan aku tentang latar ceritanya. Tentunya aku senang karena bisa dengan bebas menuangkan ide cerita dalam bentuk naskah. Selama kesulitan membuat naskah, aku juga selalu konsultasi dengan Mas Suryadi. Percayalah, ngobrol bareng dia tentang satu projek bikin aku gila gara-gara kita berdua terlalu banyak menuangkan ideeee yaampun! T__T  Sampe kudu dicatat dulu apa aja poin-poin yang mau dikerjakan HAHAHAHA. Drama komedi ini juga dibuat melalui proses perekaman yang berbeda dari drama sebelumnya, loh! Pasti penasaran, kan? Silakan, yang penasaran bisa kepoin aja Instagram-nya di @radioppidunia dan Twitter-nya @_radioppidunia_ atau gabung aja jadi Sobat Siar atau Sobat Kru bareng mereka. Bakal banyak banget pengalaman-pengalaman kecil yang berharga yang bakal kamu dapatkan!

Foto di depan Balairung UGM

Keempat, aku lulus! Iya, aku resmi lulus sebagai alumnus mahasiswa Jurusan D3 Bahasa Korea Sekolah Vokasi UGM angkatan 2015. Bener-bener nggak nyangka bakal bisa lulus tanggal 21 November 2018. Awalnya aku berniat untuk lulus bulan Agustus, tapi karena kesibukanku di tempat magang dan peranku di Radio PPI Dunia, TA-ku jadi nggak sempat kepegang lagi. Alhasil, aku ga bisa sidang di bulan Juli sehingga membuatku ga bisa lulus bulan Agustus. Namun itu bukanlah sesuatu yang membuatku menyesal! Hahahah. Kemudian dosen pembimbingku ganti, bukan dosen yang sebelumnya. Ini sempat membuat aku frustasi karena aku seperti harus mulai nulis TA dari awal lagi sejak awal September! Selama satu bulan itu aku bener-bener ngebut. Kurang tidur dan sampe lupa makan bahkan lupa kalau hari sudah berlalu wakakakak btw, aku pernah sempet lupa tanggal gitu gara-gara kerjaannya ngurung di kamar terus. Kebetulan bahasan TA-ku tentang linguistik bahasa Korea yang sebenernya sederhana tapi cukup sulit juga. Untungnya aku dikasih pinjam buku Linguistik Bahasa Korea untuk Orang Asing oleh dosen favoritku (sejak semester satu kuliah) jadinya aku ngerasa kebantu banget. Terima kasih Bu Ayu, hehehe.. Selama proses penulisan satu bulan itu, beruntung banget aku dikelilingi oleh temen-temen yang peduli dan penyayang banget (huekkk) kayak mereka. Kalian bisa panggil mereka dengan sebutan Shinta, Amel, Niken (aku manggilnya Mbak Niken karena kita beda dua tahun), dan Cho. Bayangin dong, kalau aku badmood sama TA-ku, aku selalu kumpul bareng mereka dan chit-chat manja yang berakhir dengan tawa meledak tanpa henti bahkan sampai tengah malam. Herannya, selalu ada aja yang kita tertawakan. Jujur, merasa bersalah juga sama orang-orang sekitar kosku yang terganggu sama suara tawa kita, terutama tawaku sih. Ga diragukan lagi itu mah LOL. Monmaap ya tetangga semua, tapi kita lagi pada stres karena TA waktu itu jadinya melampiaskan lewat tawa gila deh. Habisnya kalau kita berlima udah ketemu tuh pasti saling menertawakan diri sendiri. Kalau tawa ditahan kan nggak enak huhuhuhu.. Selain ketawa-ketawa bareng, aku juga belajar masak bareng mereka. Jadi kalau lagi nulis TA trus ngerasa lapeeerrr banget, aku pasti ke kamar Shinta trus ngajak dia buat makan. Akhirnya malah Shinta masakin makanan buatku dan temen-temen yang lain. Dia tuh kadang kalau baik ya baiiikk banget, kalau dia lagi tega jangan harap ampunannya dah. Trus kalau aku lagi mood, aku ikutan masak bareng dia juga. Aku ga mau lah cuma dimasakin Shinta, aku juga mau jago masak kayak Shintaa huhuhu.. Makanya selama masak bareng itu banyak banget ilmu-ilmu dasar masak yang kudapat, nggak cuma dari Shinta, tapi dari Mbaknik, Cho, dan Amel jugak. Tapi tetep sih, chefnya itu Shinta. Dia yang paling bawel soalnya LOL. Nggak ding, dia yang paling banyak tau tentang masak-memasak, paling jago lah kalau menurutku. Jadi tanpa disadari juga kita berempat banyak tanya-tanya soal makanan dan cara masak juga ke Shinta. Eh setelah melewati masa jatuh bangun nulis TA, nggak terasa tiba-tiba TA-ku udah beres, tinggal minta tanda tangan ketua prodi buat mendaftar sidang. Akhirnya awal Oktober aku udah bisa pendadaran dan lulus dengan hasil yang saangat memuaskan! Alhamdulillah :’) Terima kasih hiburan kecilnya gesss!! Huahahah.. Dan terima kasih juga masukan-masukannya, Pak Adi dan Bu Ummul. Akan selalu saya ingat.

Bareng kakak-kakak tersayang. Full team!

Dan yang terakhir, habis lulus aku diterima kerja di kantor pusat Perusahaan Happy Dream yang berlokasi di Tangerang. Perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan bertugas sebagai distributor di Indonesia. Di sini aku ketemu banyak kakak-tingkatku juga. Banyak belajar dari mereka juga tentang istilah-itstilah bahasa Korea di bidang kesehatan hehehe. Btw, ini perusahaan bagus loh! Alat-alat kesehatannya manjur bikin sehat. Ini aku bukan promosi loh ya, tapi emang beneran khasiatnya aku rasain sendiri setelah mencoba alatnya secara langsung. Kalau kalian ada keluhan sakit yang nggak kunjung pulih, boleh loh coba mampir ke cabang Happy Dream di kotamu. Cabangnya tersebar di seluruh Indonesia soalnyaa, aku aja baru tahu kalau di Karawang juga ada cabang Happy Dream huhuhu.. Hmm, karena masih awal, jadi belum banyak ceritanya. Boleh lain kali kuceritain deh :p 새해복 많이 받고 사랑하는 사람들과 같이 좋은 하루 보내세요!

http://www.feismaitiu.ie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s