Hari ini sebenarnya aku berniat untuk menghabiskan hari liburku di dalam kamar. Entah itu dengan menonton drama atau film, nulis artikel, streaming video di Youtube, review pelajaran minggu lalu, atau chit-chat sama teman-teman di Indonesia. Tapi ternyata takdir berkata lain. Tumpukan bajuku dan Siwi masih menumpuk di kulkas jumbo dan berteriak-teriak minta dimandiin. Alhasil kita pergi ke ruang laundry-an di lantai satu dengan membawa tumpukan baju itu plus satu bungkus besar sabun bubuk pencuci baju, cairan pewangi, dan satu buah uang koin sebesar ₩ 500 untuk biaya mencucinya.

            Aku dan Siwi membiarkan mesin cuci itu melakukan pekerjaannya sampai tuntas. Kebetulan kami tidak membuat makan siang kali ini. Kami hanya mengandalkan camilan yang tersisa untuk mengisi perut kami yang keroncongan sejak pagi. Setelah perut terisi, kami segera bersiap-siap karena pukul tiga sore nanti aku, Siwi, Tiara, dan Ilham akan pergi keluar untuk sesi pengambilan video. Ini menjadi project pertama kami selama di Korea Selatan.

          Kami, 12 orang mahasiswa program exchange student, memang selalu berkabar dengan Pak Adi mengenai kegiatan-kegiatan kami selama di kampus masing-masing. Pembuatan video ini juga sekaligus sebagai pemenuhan permintaan yang Pak Adi berikan kepada kami untuk keperluan presentasinya. Kabarnya beliau diundang untuk memberikan penjelasan dan gambaran mengenai prodi-prodi di Sekolah Vokasi, termasuk Prodi Bahasa Korea SV UGM. Ini menjadi salah satu langkah awal untuk mempromosikan Prodi Bahasa Korea dan melebarkan sayap SV UGM di Indonesia.

             Oleh karena itu kami melakukannya dengan usaha terbaik yang kami bisa. Masing-masing dari kami mengenakan pakaian terbaik yang kami punya. Tak lupa kami mengenakan coat kami masing-masing. Meskipun memang matahari bersinar cerah, angin yang berhembus berhasil membuat jari-jari tangan kami terkepal saking menahan dinginnya angin. Setelah siap semuanya, aku dan Siwi keluar kamar mengetuk pintu kamar Tiara di kamar 204. Dia sekamar dengan orang Vietnam yang satu angkatan dengan Mas Henry, kami memanggilnya Mbak Aing (ini nama loh ya, bukan bahasa Sunda hahaha). Tak lama akun Kakao Talk-ku berdering, ada pesan masuk dari Tiara. Ternyata ia sudah di kamar Ilham yang ada di lantai empat. Kami langsung ke atas menghampiri Ilham dan Tiara. Ohiya, Ilham sekamar dengan Mas Henry, loh.

            Setibanya di kamar 405, rupanya mereka masih bersiap-siap, lebih tepatnya masih pada dandan heuheu..

           “Wah Yo, sini masuk, aku dandanin,” sahut Ilham yang masih mengutak-atik alat-alat make-up yang ia punya. Jangan salah, Ilham ini walaupun dia laki-laki tapi dia termasuk fashionable man, loh. Hmm..

            Tiara masih sibuk dengan catokan rambutnya, sebenarnya ia bingung rambutnya mau diapakan. Aku mau saja menolak tawaran Ilham tapi karena aku jarang sekali ber-make up seperti wanita pada umumnya, pantas saja aku menerima tawaran Ilham yang berbaik hati menjadikanku bahan percobaannya. Tapi hasilnya lumayan loh meski setelah selesai memoles wajahku ia bergumam, “Maaf ya, Yo, aku nggak sepandai Yazid. Ini masih coba-coba aja.” Lantas saat itu aku cekikikan dalam keadaan mata tertutup sementara jari-jari lentik Ilham masih memoles kelopak mataku.

            Ilham juga menawari Siwi untuk didandani, tapi Siwi menolak. Mungkin Siwi butuh waktu lebih lama lagi untuk benar-benar siap menjadi seorang wanita, heuheu.. Tapi sebenarnya Siwi tanpa make up pun sudah cantik. Hanya perlu memolesnya saja agar lebih terlihat cantik hohoho..

            Setelah semuanya siap, kami bergegas keluar asrama dan mencari spot yang bagus. Aku dan Siwi menyarankan mengambil gambar di sekitar lingkungan gedung rumpun Sains yang terletak sangat pojok (kalau di dalam peta Gangneung-Wonju National University). Tiara dan Ilham menerima tawaran kami. Lalu kami langsung memutuskan mengambil lokasi itu di sana. Di antara kami berempat pun tidak ada yang punya kamera, alhasil kami meminjam kamera miliki Mas Henry.

            Selama prosesnya, kami mendiskusikan apa saja hal-hal yang harus dijelaskan di dalam video tersebut sesuai permintaan Pak untuk keperluan presentasinya di Universitas Diponegoro. Kabarnya UNDIP pun sedang dalam proses membuka jalur diploma seperti halnya UGM. Maka dari itu Pak Adi mendapat kesempatan untuk menunjukkan prestasi-prestasi yang dimiliki Program Studi Diploma Bahasa Korea UGM dan juga prestasi mahasiswa dari prodi-prodi lainnya se-Sekolah Vokasi.

IMG-20170216-WA0028

            Pak Adi diundang ke UNDIP pun sebagai HUMAS Sekolah Vokasi UGM. Selain menjadi Ketua Prodi D3 Bahasa Korea, sejak tahun 2016 lalu beliau mendapat kesempatan untuk mengambil posisi kepengurusan di Sekolah Vokasi sebagai Ketua HUMAS. Tentu saja tawaran tersebut merupakan salah satu kehormatan bagi Pak Adi sendiri sekaligus menjadi pencapaian kecil untuk beliau. Aku pun senang mendengar kabar tersebut ketika itu. Pada September 2016 pun beliau merekrut para mahasiswa perwakilan setiap prodi di SV untuk turut berperan serta menjadi anggota HUMAS SV dan tawaran tersebut pun disampaikan Pak Adi kepadaku meskipun ketika itu aku sedang dipadati kegiatan-kegiatan kampus dan di luar kampus. Tawaran ini kuterima karena dalam Tim HUMAS SV ini aku mendapat posisi sebagai reporter dan penulis artikel untuk website SV UGM. Tapi itu tidak bertahan lama sampai handphone-ku rusak dan harus diperbaiki selama beberapa hari. SIM card-ku pun terblokir dan harus ganti sehingga aku putus kontak dari teman-teman HUMAS SV ketika itu.

            Oleh karena rasa hormat dan perasaan bangga kami kepada Pak Adi, proses pembuatan video tersebut kami lakukan sepenuh hati meskipun waktu yang tersisa tinggal tiga hari untuk proses pengeditan videonya.

IMG-20170216-WA0031

            Dalam project ini, bisa dibilang aku berperan sebagai penulis skenarionya (anggap aja gitu kali ya, sekali-kali nyenengin diriku yang bermimpi pengen jadi penulis skenario dong heuheu), Tiara sebagai editor video, Ilham sebagai tata rias busana, dan Siwi sebagai tim kreatifnya.

            Nah, video selengkapnya bisa kamu lihat di akun Youtube-ku berikut ini. Langsung klik aja, ya. Jangan lupa like, kalau perlu subscribe! Hohoho..

            (Duh, link-nya menyusul segera, ya! File-nya belum kuminta di Tiara, lupa melulu huaaa).

 14911331264871491133096921

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s